Home » » Sains Dan Teknologi

Sains Dan Teknologi



Sains Dan Teknologi - Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah yang memiliki sifat selalu ingin tahu dan ingin selalu mencoba. Oleh karena itu, manusia terus mencari kepuasaan batin, sehingga muncullah ilmu Sains dan Teknologi. Sains sendiri adalah hasil karya dari manusia yang termasuk dalam pengetahuan ilmiah yang membahas tentang sistem atau penjelasan sistem tersebut. Dan Teknologi adalah hasil dari akal yang berupa himpunan informasi yang mengandung ilmiah atau sains dan menciptakan sebuah sistem.

Oleh karena itu, Manusia, Sains, dan teknologi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan lagi. Karena satu sama lainnya memiliki hal yang saling bergantung. Contohnya saja, jika tidak ditemukannya besi dari sains, maka tidak akan ditemukannya teknologi yang menggunakan besi seperti komputer, ponsel, dll. Dari hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan sains dapat menghasilkan sebuah teknologi.

Hubungan Sains Dan Teknologi

Sains adalah ilmu yang bersifat teoritis. Sehingga sains tidak mewiliki wujud, dan hanya bisa dipelajari. Sehingga nantinya akan menghasilkan teknologi. Teknologi sendiri, diciptakan melalui dasar sains bersifat praktis dan berbentuk. Sehingga teknologi dikembangkan dan diciptakan untuk mempermudah atau membebaskan pekerjaan manusia.

Namun dalam penerapan dari kedua hubungan tersebut, tentu memiliki dampak positif dan dampak negatif. Oleh karena itu, perlu diadakan kewaspadaan terhadapa perkembangan Sains dan Teknologi ini. Agar penerapan dari kedua hubungan ini tidak disalahgunakan.

Pengaruh Sains Dan Teknologi

 Pemanfaatan sains dan teknologi di Indonesia bahkan di dunia telah membawa dampak yang besar pada kehidupan manusia saat ini. Perkembangan sains dan teknologi telah memiliki banyak manfaat yang sudah dirasakan oleh seluruh manusia di dunia. Namun, tentu saja dalam hal ini, perkembangan sains dan teknologi memiliki manfaat atau dampak yang positif atau dampak negatif.

Dampak Positif Sains Dan Teknologi

•    Informasi apapun dan dimanapun dapat diakses atau diketahui dengan mudah melalui internet.
•    Komunikasi sudah tidak dapat dipisahkan dengan jarak.
•    Pertumbuhan ekonomi memiliki kemajuan yang pesat.
•    Mudahnya mengatur kegiatan, keuangan, atau apapun dalam hidup kita.
•    Meningkatkan rasa percaya diri.
•    Terbentuknya sistem pembelajaran yang lebih modern yang memudahkan pelajar maupun pengajar.

Dampak Negatif Sains Dan Teknologi

•    Pemanfaatan teknologi internet untuk kejahatan masa kini.
•    Penyalahgunaan situs sebagai media penyebaran hal SARA, Porno, dan sejenisnya.
•    Kemerosotan moral masyarakat, khususnya di kalangan remaja.
•    Semakin mudahnya kebocoran rahasia.
•    Munculnya senjata baru yang dapat mengancam peradaban manusia.
•    Terorisme yang semakin banyak terjadi.

Kesimpulan Perkembangan Sains Dan Teknologi

Sains dan Teknologi memang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat kuat. Seiring dengan perkembangan jaman, saisn dan teknologi akan semakin berkembang dan akan menciptakan obyek-obyek baru.

Semua obyek yang terbentuk dari sains dan teknologi tentunya mempunyai dampak positif dan negatif. Namun itu juga tergantung dari penggunanya. Oleh karena itu, manusia diharapkan menggunakannya dengan bijak. Agar kita mendapatkan manfaat yang maksimal.
Diberdayakan oleh Blogger.